PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI

Authors

  • Sukadari Sukadari Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, Pendidikan, Inklusi

Abstract

Pendidikan inklusi adalah pendidikan atau sekolah yang menerima semua anak tanpa memandang potensi, kondisi fisik, mental, emosisosial, agama, gender maupun latar belakang ekonomi, tetapi merupakan sebuah sistim yang beradaptasi dengan kebutuhan anak baik yang normal maupun yang berkebutuhan khusus

Tujuan dari pendidikan inklusi adalah untuk mendorong terwujudnya partisipasi difabel atau Anak Berkebutuhan Khusus dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kendala atau hambatan dalam pelaksanaan pendidikan inklusi tentu pasti ada. Namun untuk mewujudkan Undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 tetap diupayakan seoptimal mungkin pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui pendidikan inklusi harus dilaksanakan dengan baik untuk mengangkat derajat dan martabat umat manusia tanpa kecuali

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check