PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.784Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kembali mengenai pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan bercerita siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah diterapkan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Sebelum melakukan penelitian ini terlebih dahulu merumuskan masalah kemudian selanjutnya dilakukan beberapa langkah diantaranya: mencari sumber data yang dicari melalui google scholar atau google cendikiawan dengan menggunakan kata kunci “mind mapping†dan “keterampilan berceritaâ€. Dari hasil pencarian pada google sholar ditemukan 11 jurnal, tetapi hanya ada 6 jurnal yang digunakan. Kemudian 6 data tersebut diolah kembali dengan bantuan SPPS versi 22. Berdasarkan hasil analisis dari 6 jurnal dapat dikatakan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa dengan rata-rata keterampilan bercerita sebelum diberi perlakuan sebesar 59,4967 dan setelah diberikan perlakuan 78,4033, sehingga dapat meningkat sebesar 18,9467.
Kata Kunci: mind mapping, keterampilan bercerita, meta analisis.
References
Abbas, Saleh . 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Aini, A., Andayani.,& Anindyarini, A. 2012. Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, vol 1 no 1 hal 125-137.
Agustin, A.W. 2014. Penerapan Meta Pikiran Objek Wisata Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. JPGSD, vol 2 no 2 hal 1-11.
Anwar, Rusnawa. 2005. Meta Analisis. Bandung: Fakultas Kedokteran UNPAD.
Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Buzan, Tony.2008. How To Mind Map(Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas). (Terjemahan Eric Surya Putra). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rahmwati, Erni. 2013. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Metode Mind Map Siswa Kelas V Sd Negeri Gulon 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Republik Indonesia. Undang-undang nomer 22 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Sakeletuk, Dominikus. 2016. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Metode Mind Map Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 37: 521-530.
Sipahutar, Rusmeing, Br. 2018. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Model Pembelajaran Mind Map. Jurnal Global Edukasi, vol 2 no 1 hal 75-81.
Spss Indonesia. 2019. (Online) https://www.spssindonesia.com/2019/01/cara-uji-korelasi-parsial-dengan-spss.html?m=1, akses 07 juni 2020.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyu, Dwi.2018. Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Zebua, Martiniat. 2018. Peningkatakn Keterampilan Bercerita Melalui Metode Mind Map. Jurnal Pena Edukasi, vol 5 no 4 hal 241-248.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es