PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SDN SUKASARI

Authors

  • Dede Suyanti Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode lattice dalam menyelesaikan operasi perkalian terhadap prestasi belajar matematika di kelas III SDN Sukasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SDN Sukasari yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan teknik sampling sistematis yang menghasilkan 16 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode lattice dalam menyelesaiakan operasi perkalian terhadap prestasi belajar siswa di kelas III SDN Sukasari. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 89,38 dan kelas kontrol 72,27. Dalam uji hipotesis dilakukan dengan Independent Sample T-Test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode lattice (metode konvensional). Kata kunci: Metode Lattice, Operasi Perkalian, Prestasi Belajar Matematika

References

Fatmala, dkk. 2018. Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Operasi Perkalian. Media Pendidikan Matematika, 6 (2).

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Khumairoh, Intan. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Latis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Islam Hidayatullah Pada Materi Operasi Perkalian Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Majid, Abdul. 2017.Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurohim. 2017. Penerapan Alat Peraga Integer Multiplication Board Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Bulat Kelas IV A SDN Kaliwlingi 02. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4 (7).

Siswanto. 2002. Mental Aritmatika Sempoa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Solikin & Dyah. 2019. Penggunaan Metode Lattice dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2 (1).

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check