KEEFEKTIFAN BUKU DONGENG “NEGERI HASTINAPURA” DALAM MENINGKATKAN NILAI CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA

Authors

  • Mahilda Dea Komalasari Universitas PGRI Yogtakarta, Indonesia
  • Nina Widyaningsih Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai cinta tanah airsiswa dengan   menggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura†dan tanpamenggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapuraâ€.Selainitu,penelitianinijugabertujuanuntukmengujikeefektifan   penggunaan buku dongeng “Negeri Hastinapura†dalampembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode penelitian yangdigunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental)dengandesainnonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta dan siswa kelas IV SDN Prawirotaman.Penentuan sampel menggunakanteknikrandom sampling.Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas IV SDN Karanganyar sebagai kelas eksperimen yangterdiridari13siswadankelas  IV SDN Prawirotaman sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 12 siswa.Teknik  pengumpulandata menggunakan angket. Validitas yang digunakan adalah validitas  konstruk (expertjudgement). Analisisdata diadakansetelahmelakukanujinormalitasdan   ujihomogenitasyangmenunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitianini  menunjukkanadanyaperbedaan nilai cita tanah airsiswa yang menggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura†dan nilai cinta tanah air siswa tanpamenggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapuraâ€. Perbedaantersebutditunjukkandengan hasilUji-tyangdilakukan  dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis nilai cinta tanah air menunjukkan bahwa skor uji-t adalah 5,350 dengan Sig. 0,000.Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam nilai cinta tanah air siswa antara sebelum dan sesudah belajar menggunakan model pendidikan antiradikalisme melalui buku cerita "Negeri Hastinapura".Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan buku cerita “Negeri Hastinapura†lebih efektif dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan  buku cerita “Negeri Hastinapuraâ€.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2012a). Panduan Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2012b). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tofani, M., A. (2013).Mengenal Wayang Kulit Purwa. Pustaka Agung Harapan. Surabaya.

Yuliatin, L. (2013). Upaya Penanaman Rasa Cinta Tanah Air pada Para Santri di Pesantren Majma Al Bahrain Shiddiqiyyah Kabupaten Jombang.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 1, hal 1-15.

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check