KEEFEKTIFAN BUKU DONGENG “NEGERI HASTINAPURA†DALAM MENINGKATKAN NILAI CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.779Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai cinta tanah airsiswa dengan  menggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura†dan tanpamenggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapuraâ€.Selainitu,penelitianinijugabertujuanuntukmengujikeefektifan  penggunaan buku dongeng “Negeri Hastinapura†dalampembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode penelitian yangdigunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental)dengandesainnonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta dan siswa kelas IV SDN Prawirotaman.Penentuan sampel menggunakanteknikrandom sampling.Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas IV SDN Karanganyar sebagai kelas eksperimen yangterdiridari13siswadankelas IV SDN Prawirotaman sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 12 siswa.Teknik pengumpulandata menggunakan angket. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk (expertjudgement). Analisisdata diadakansetelahmelakukanujinormalitasdan  ujihomogenitasyangmenunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitianini menunjukkanadanyaperbedaan nilai cita tanah airsiswa yang menggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura†dan nilai cinta tanah air siswa tanpamenggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapuraâ€. Perbedaantersebutditunjukkandengan hasilUji-tyangdilakukan dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis nilai cinta tanah air menunjukkan bahwa skor uji-t adalah 5,350 dengan Sig. 0,000.Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam nilai cinta tanah air siswa antara sebelum dan sesudah belajar menggunakan model pendidikan antiradikalisme melalui buku cerita "Negeri Hastinapura".Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan buku cerita “Negeri Hastinapura†lebih efektif dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan buku cerita “Negeri Hastinapuraâ€.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2012a). Panduan Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2012b). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tofani, M., A. (2013).Mengenal Wayang Kulit Purwa. Pustaka Agung Harapan. Surabaya.
Yuliatin, L. (2013). Upaya Penanaman Rasa Cinta Tanah Air pada Para Santri di Pesantren Majma Al Bahrain Shiddiqiyyah Kabupaten Jombang.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 1, hal 1-15.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es