KAJIAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA JURNAL BERGAMBAR DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hengky Kusuma Windarto SD Mutiara Persada Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan menulis menggunakan media jurnal bergambar pada tingkat pendidikan sekolah dasar, baik pada kelas bawah dan kelas atas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur, di mana peneliti pengumpulkan data yang relevan untuk mendukung gagasan pribadi peneliti. Berdasarkan hasil kajian literatur, jurnal bergambar memiliki dampak yang positif pada kemampuan menulis siswa sekolah dasar, baik dari sisi akademik maupun afektif. Penggunaan jurnal bergambar secara berkala dapat mengatasi anggapan bahwa proses penulisan cenderung kaku dan membosankan. Siswa lebih termotivasi dalam menulis dengan kebebasan mereka dalam menuangkan pikiran dan menggambar ilustrasi mereka sendiri. Selain itu, dengan penerapan yang efektif dalam pembelajaran, kemampuan menulis siswa terutama dalam kosakata dan pengorganisasian ide pun dapat meningkat, karena jurnal bergambar dapat dituliskan dalam bentuk dan jenis teks yang berbeda-beda. Jurnal bergambar pun efektif diterapkan dalam Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan mengembangkan karakter afektif siswa pada tingkat sekolah dasar.

References

Arini, Ni Wayan. (2012). Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 1, April 2012, hlm.66-74.

Baldwin, L. (2017). Drawing Care: The Illustrated Journal’s “Path to Place.†Journal of Teaching in Travel & Tourism 18(2):1-19.

Boud, D. (2001). "Using Journal Writing to Enhance Reflective Practice." New Directions for Adult and Continuing Education No. 90 (Summer 2001): 9-17.

Hadiyani, Fitrya Dwi, Dede Tatang Sunarya, & Nurdinah Hanifah. (2016). Penggunaan Media GAMBHI (Gambar dan Buku Harian Investigasi) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Materi Mendeskripsikan Binatang. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Karlina, Dety Amelia. (2016). “Menulis Buku Diari dalam Keseharian Siswa untuk Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di SDâ€. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3 (2).

Kurniasih, Diannita Ayu. (2020). “Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejoâ€. Jurnal Profesi Keguruan 6 (1), 2020: 36-44

Langan, John. (2008). College Writing Skills with Readings. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.

Malladewi, Merrina Andy. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216.

Maulidah, Tsalitsatul. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, Vol 02, No 01, Bln Feb, Tahun 2020, Hal 64 – 70.

Mitsubishi Asian Children’s Enikki Festa. (2013). Brought Together in a Circle of Friendship by ENIKKI. Mitsubishi Monitor. Hal 1-2.

Mundziroh, Siti, Andayani, & Kundharu Saddhono. (2103). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 2 Nomor 1.

Rikmasari, Rima. (2013). “Efektifitas Media Buku Catatan Harian dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasarâ€. Pedagogik Vol. I, No. 2, September 2013.

Rinawati, Septina. (2015). Pengaruh Kebiasaan Menulis Buku Harian Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. FKIP UMS: Surakarta.

Waridha, Imaniar Rizki, Riama Maslan Sihombing, & Hafiz Ahmad Aziz. (2017). “Kajian Jurnal Bergambar sebagai Media Komunikasi Anak kepada Orang Dewasa di Sekitarnyaâ€. Jurnal Sosioteknologi Vol. 16, No. 3, Desember 2017.

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check