PENGEMBANGAN NEMO GABU GAMA SEBAGAI ALAT PERAGA GERHANA BULAN DAN MATAHARI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.773Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan alat peraga KIT IPBA pada pembelajaran IPA materi tata surya di SD. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Nemo Gabu Gama sebagai alat peraga gerhana bulan dan matahari untuk siswa SD dan menguji kevalidan dan kepraktisan Nemo Gabu Gama sebagai alat peraga gerhana bulan dan matahari untuk siswa SD. Metode penelitian yaitu  penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Subjek uji coba adalah siswa kelas VI SDN Kalirejo 2 Kecamatan Ungaran Timur. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respons siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah alat peraga Nemo Gabu Gama pada materi tata surya kelas IV & VI. Proses pengembangan alat peraga menggunakan ardoino micro control dengan software ardoino 1.0.5. Alat peraga Nemo Gabu Gama yang dikembangkan mendapat kriteria “sangat valid†dan “sangat praktisâ€. Tingkat kevalidan alat peraga dapat diketahui dari hasil penilaian validasi media sebanyak 81,3% dengan kriteria “sangat validâ€, sedangkan hasil penilaian validasi materi sebanyak 90,7% dengan kriteria “sangat validâ€. Tingkat kepraktisan alat peraga dari penilaian respon siswa memperoleh nilai sebanyak 92% dengan kriteria “sangat praktisâ€, sedangkan hasil penilaian respon guru memperoleh nilai sebanyak 92% dengan kriteria “sangat praktisâ€.
Â
References
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah.
Prasetyarini, A. (2013). Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Smp Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7–10. Https://Doi.Org/10.37729/Radiasi.V2i1.346
Rajabi, M., Ekohariadi, & Buditjatjanto, I. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Wijayanti, H. A., & Hakim, F. N. (2012). Media Pembelajaran Interaktiv Aksara Jawa Berbasis Flash. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 21–29.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es