EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN READ FOR ACTION BERBASIS KONSTRUKTIVIS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 2 PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.764Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran read for action berbasis konstruktivis terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika 2 program studi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di program studi PGSD FKIP UPY angkatan 2017. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian nonequivalent control group design dengan mengambil sampel penelitian dua kelas yaitu mahasiswa kelas A6 dan A7 sebanyak 73 mahsiswa. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik inferensial yang dilanjutkan dengan Uji t dengan jenis independet sample t-test pada taraf signifikansi  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,88, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,90. Sedangkan hasil t test dan mean difference menunjukkan nilai positif yaitu 4,133 dan 6,021, yang dapat diartikan bahwa nilai kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran read for action berbasis konstruktivis secara signifikan menunjukkan efektivitasnya sebagai model pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran Read For Action, Hasil Belajar Mahasiswa, Matematika
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es