PERILAKU NEGATIF SISWA: BENTUK, FAKTOR PENYEBAB, DAN SOLUSI GURU DALAM MENGATASINYA

Authors

  • Hawa Laily Handayani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk perilaku negatif siswa, (2) faktor penyebab perilaku negatif, dan (3) solusi guru dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku negatif siswa di SDN Keboansikep 01 Gedangan Sidoarjo tergolong perilaku negatif yang ringan. Bentuk perilaku negatif yang ditemukan adalah mengganggu, membully, emosional, provokator, berkelahi, membolos, berbicara kotor, ramai pada saat jam pelajaran, tidak mematuhi tata tertib, dan sering masuk keluar kelas. Adapun faktor penyebabnya yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan atau pergaulan, dan faktor indivdu. Solusi yang diberikan guru dalam mengatasi perilaku negatif meliputi (1) melakukan pendekatan khusus terhadap siswa yang mempunyai perilaku negatif, (2) tidak pernah bosan memberikan nasihat dan motivasi sebagai dorongan agar siswa mempunyai perilaku yang baik, (3) memberikan teguran dan peringatan secara langsung maupun tertulis, (4) memberikan sanksi atau hukuman yang mendidik, dan (5) melakukan kerja sama atau pendekatan terhadap orang tua siswa.

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check