IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO FOR QUESTION CARD (STUDI KASUS KELAS VI C SDN JAGIR I/393, SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020)

Authors

  • Dewi Restiaji SDN JAGIR I/393, Surabaya, Indonesia
  • Mirza Hardian Universitas Riau, Indonesia
  • Yayuk Hidayah UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN, Indonesia
  • Anis Suryaningsih Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.756

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan proses uji coba media pembelajaran uno stacko for question card di kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya tahun ajaran 2019/2020 sebagai salah satu inovasi media dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di kelas sehingga dapat meminimalisir penggunaan kertas yang biasanya digunakan untuk melaksanakan ulangan harian. Fokus penelitian ini adalah mengenai identifikasi motivasi belajar anak selama penerapan uno stacko for question card. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan disain studi kasus. Instrument pengumpulan data adalah catatan harian guru, lembar observasi, panduan wawancara dan lembar refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020 dengan partisipan seorang kepala sekolah, 1 orang guru kelas siswa di kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Tekhnik analsis data menggunakan tematik analisis. Hasil penelitian menunjukan bagaimana perubahan motivasi belajar anak setelah diterapkan uno stacko for question card beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kesimpulan penelitian adalah perubahan motivasi belajar adalah pada faktor internal kesehatan, berupa fungsi- fungsi fisik (terutama panca indera), Faktor psikologis berupa rasa ingin tahu dan medapat simpati dari guru dan teman. Faktor ekternal yang mempengaruhi motivasi belajar adalah faktor non sosial berupa waktu saat pembelajaran berlangsung dan faktor sosial berupa kehadiran guru kelas. Rekomendasi penelitian ini adalah media pembelajaran uno stacko for question card dapat digunakan sebagai alternatif dalam membantu mengembangkan motivasi belajar peserta didik.

References

Arslan, M. (2006). THE ROLE OF QUESTIONING IN THE CLASSROOM. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/309202446_THE_ROLE_OF_QUESTIONING_IN_THE_CLASSROOM

C, B. R., & Knopp, B. sari. (1982). Qualitative Research for Education An Introduction to theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Che Ahmad, C. N., & Amirul, N. (2018). THE EFFECT OF THE PHYSICAL LEARNING ENVIRONMENT ON STUDENTS’ HEALTH, ENJOYMENT AND LEARNING.

Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed). Los Angeles,: SAGE Publications.

Damis, & Muhajis. (2018). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. JURNAL IDAARAH, 2(2).

Fauziah, Safiah, I., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V Sd Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–38. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/187612-ID-upaya-meningkatkan-motivasi-belajar-sisw.pdf

Goh, W., Ayub, E., Wong, S. Y., & Lim, C. (2017). The importance of teacher’s presence and engagement in MOOC learning environment: A case study. https://doi.org/10.1109/IC3e.2017.8409250

Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hancock, & Algoozzine. (2006). Doing case study research : a practical guide for gebinning reserachers. London: Teacher Collage, Columbia University.

Herzberg. (1959). The Motivation to Work. New York: John Willey and Sons Inc.

Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., & Saputro, E. A. V. (2019). Transformasi Kearifan Lokal Jawa Dalam Pendidikan Karakter Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 50–61.

Hidayah, Y., Suyitno, & Retnasari, L. (2019). Analisis Kemampuan Resolusi Konflik Siswa Sekolah Dasar. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(1).

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Diambil dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/viewFile/848/774

Kelly, G. (1985). Motivation in Learning Disabled Children. British Journal of Occupational Therapy, 48(11), 340–342. https://doi.org/10.1177/030802268504801111

Littlejohn, A. (2008). The Tip of the Iceberg: Factors Affecting Learner Motivation. RELC Journal, 39(2), 214–225. https://doi.org/10.1177/0033688208092185

Malihah, E. (2015). An ideal Indonesian in an increasingly competitive world: Personal character and values required to realise a projected 2045 ‘Golden Indonesia.’ Citizenship, Social and Economics Education, 14(2), 148–156. https://doi.org/10.1177/2047173415597143

Natawidjaja, R. (1979). Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta.

OECD. (2016). Science and Math Competencies for Tomorrow’s World Volume 1 Analysis. Canada: OECD.

Pluck, G., & Johnson, H. (2011). Stimulating curiosity to enhance learning. GESJ: Education Sciences and Psychology, 2, 24–31.

Retnasari, L., Suyitno, & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran ( TPQ ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA, 08(01), 32–38.

Sajadi, S., Farsi, Z., Rajai, N., Mazhari, M., & Habibi, H. (2016). Sleep quality and the factors affecting the fatigue severity and academic performance of students at AJA University of Medical Sciences. Journal of Advances in Medical Education (JAMED), 1, 9–15.

Sardiman A.M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shaw, S., Gomes, P., Polotskaia, A., & Jankowska, A. (2015). The relationship between student health and academic performance: Implications for school psychologists. School Psychology International, 36, 115–134. https://doi.org/10.1177/0143034314565425

Sugeng, B. (1997). A Learning Strategy Profile of Indonesian Elementary School Students. RELC Journal, 28(2), 82–106. https://doi.org/10.1177/003368829702800205

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 73–82. Diambil dari http://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/144/115

Suryaningsih, A. (2015). Pengembangan model pembelajaran pendidikan politik berbasis partisipasi siswa dalam pkn (studi pada siswa sma negeri 3 Sukoharjo). Universitas Sebelas Maret.

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Vijchulata, B., & Lee, G. S. (1985). A Survey of Students’ Motivation for Learning English. RELC Journal, 16(1), 68–81. https://doi.org/10.1177/003368828501600106

Wise, A., Chang, J.-Y., Duffy, T., & Del Valle, R. (2004). The Effects of Teacher Social Presence on Student Satisfaction, Engagement, and Learning. Journal of Educational Computing Research, 31, 247–271. https://doi.org/10.2190/V0LB-1M37-RNR8-Y2U1

Zakaria Acep Fitriana. (2016). Studi Tentang Upaya Guru IPS Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial dan Mengurangi Perilaku Bullying Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 117–124.

Zamroni. (2007). Pendidikan Demokrasi Transisi. Jakarta: PSAP.

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check