IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA BENCANA PADA SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Authors

  • Miftachul Qoriandani Ahmad Dahlan University, Indonesia
  • Dholina Inang Pambudi Ahmad Dahlan University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.753

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program SSB pada SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul berdasarkan parameter kesiapsiagaan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SSB SDUA berjalan sesuai dengan parameter kesiapsiagaan. Pada aspek sikap dan tindakan, terdapat pengetahuan mengenai PRB, pelaksanaan simulasi bencana, sosialisasi berkelanjutan, dan memiliki keterampilan tanggap darurat. Aspek kebijakan sekolah mendukung PRB, tersedianya akses informasi, pengetahuan dan pelatihan. Aspek perencanaan kesiapsiagaan, dibuktikan dengan adanya dokumen penilaian SSB, rencana aksi sebelum, saat dan sesudah bencana, PROTAP, sistem peringatan bencana, dan lokasi evakuasi. Aspek mobilisasi sumber daya dibuktikan dengan adanya gugus siaga bencana sekolah, pemantauan dan evaluasi yang diadakan pihak sekolah, tersedianya perlengkapan, suplai, dan kebutuhan dasar pasca bencana. Faktor pendukung program SSB SDUA yaitu SDM yang berkualitas dan instansi terkait, sedangkan faktor penghambat terkait lahan sekolah yang kurang luas dan perlengkapan kebutuhan belum memenuhi seluruh warga sekolah.
Kata kunci: pengurangan risiko bencana, program SSB, Sekolah Dasar

References

Baskara, G. I. (2016). Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana (SSB) pada SMK Nasional Berbah Sleman. UNY. Skripsi

Konsorsium Pendidikan Bencana. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta.

Pambudi, D.I. (2018). Pengembangan Multimedia ‘Gejala Alam di Indonesia’ Berbasis Lectora bagi Siswa Sekolah. 15(1), 50-56.

Perwira, A. S. Dan Y. (2015) Efektivitas program Sekolah Siaga Bencana sebagai strategi BPBD DIY dalam pengurangan risiko bencana di Kota Yogyakarta. Efektifitas Program Sekolah, 1-9.

Pribadi, K. S. A. K. Y. (2009). Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus pada SDN Ciateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprawoto. (2008). Manajemen Bencana. Jakarta: Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check