IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA BENCANA PADA SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.753Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program SSB pada SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul berdasarkan parameter kesiapsiagaan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SSB SDUA berjalan sesuai dengan parameter kesiapsiagaan. Pada aspek sikap dan tindakan, terdapat pengetahuan mengenai PRB, pelaksanaan simulasi bencana, sosialisasi berkelanjutan, dan memiliki keterampilan tanggap darurat. Aspek kebijakan sekolah mendukung PRB, tersedianya akses informasi, pengetahuan dan pelatihan. Aspek perencanaan kesiapsiagaan, dibuktikan dengan adanya dokumen penilaian SSB, rencana aksi sebelum, saat dan sesudah bencana, PROTAP, sistem peringatan bencana, dan lokasi evakuasi. Aspek mobilisasi sumber daya dibuktikan dengan adanya gugus siaga bencana sekolah, pemantauan dan evaluasi yang diadakan pihak sekolah, tersedianya perlengkapan, suplai, dan kebutuhan dasar pasca bencana. Faktor pendukung program SSB SDUA yaitu SDM yang berkualitas dan instansi terkait, sedangkan faktor penghambat terkait lahan sekolah yang kurang luas dan perlengkapan kebutuhan belum memenuhi seluruh warga sekolah.
Kata kunci: pengurangan risiko bencana, program SSB, Sekolah Dasar
References
Baskara, G. I. (2016). Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana (SSB) pada SMK Nasional Berbah Sleman. UNY. Skripsi
Konsorsium Pendidikan Bencana. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta.
Pambudi, D.I. (2018). Pengembangan Multimedia ‘Gejala Alam di Indonesia’ Berbasis Lectora bagi Siswa Sekolah. 15(1), 50-56.
Perwira, A. S. Dan Y. (2015) Efektivitas program Sekolah Siaga Bencana sebagai strategi BPBD DIY dalam pengurangan risiko bencana di Kota Yogyakarta. Efektifitas Program Sekolah, 1-9.
Pribadi, K. S. A. K. Y. (2009). Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus pada SDN Ciateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprawoto. (2008). Manajemen Bencana. Jakarta: Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es