PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERORIENTASI MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Ni Luh Metriyani Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, Indonesia
  • I Made Suarjana Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.702

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berorientasi Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 8 Sangsit sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 4 Sangsit sebagai kelompok kontrol.

Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes yang berbentuk tes pilihan ganda yang sudah divalidasi. Uji t digunkan untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Setelah menganalisis data diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,08> ttabel = 1,998). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Demikian pula skor rata-rata siswa kelompok eksperimen yaitu 13,16 yang berada pada kategori tinggi dan skor rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 11 yang berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Course Review Horay berorientasi Matematika Realistik berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika Realistik, Course Review Horay

References

Atun, I., & Rosmala, A. 2018.Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: sinar Grafika Offset.

Bukhari, B., & Hamid, M. 2017. “Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode simulasi dengan metode demonstrasi pada materi sistem dan alat pembayaran di kelas x sma negeri 1 kutablangâ€. Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE),Volume5, Nomor 1 (hlm. 21-29).

Febriyanti, C., & Irawan, A. 2017.“Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistikâ€.Delta-Pi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.Volume 6, Nomor 1 (hlm. 31-41).

Fitri, E. 2019.“Penanaman Nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah melalui peran pendidik berdasarkan supervisi pendidikan untuk terciptanya sumber dayamanusiaâ€.Tersediapada https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2018&q=pengertian+pendidikan+berkualitas&hl=id&as_sdt=0,5 (diakses tanggal 16 Desember 2019).

Fitriani, K., & Maulana, M. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistikâ€.Mimbar Sekolah Dasar, Volume 3, Nomor (hlm. 40-52).

Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Halimah, S. 2019. “Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malangâ€. Jurnal Dewantara, volume 1, nomor 1 (hlm. 1-6).

Irawan, P., & Hamid, T. 2017. “Perbedaan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X Man Suak Timah Kabupaten Aceh Baratâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, volume 2, Nomor 1 (hlm. 114-121).

Kurniasih, I. dan B. Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kamarullah, K. 2017. “Pendidikan matematika di sekolah kitaâ€.Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Volume 1 Nomor 1 (hlm.21-32).

Nur, M. I., & Salam, M. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 1 tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Voume 4, Nomor 1 (hlm. 99-112).

PISA. 2015. Tersedia pada: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.Pdf

Prameswari, K. K., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., Ganing, N. N., & Hum, M. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang

Purwanto, N. 2014.Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Romadhoni.F.M. & Relmasira. S.C. 2017. “Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Teaching Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 8, Nomor 1 (hlm. 93-104).

Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. 2017. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besarâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume2, nomor 4 (Hlm. 108-118).

Sariningsih, R., & Purwasih, R. 2017. â€Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guruâ€. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), volume 1, nomor 1 (hlm. 163-177).

Sekaringtyas, T. 2017. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sdn Sukatani IVâ€. Jurnal Pendidikan Dasar, volume 8, nomor 2 (hlm.159-171).

Susanto, A. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Supandi, S. 2019. “Perenan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak Di Madrasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasanâ€. Al-Ulum: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ke Islaman, volume 6, nomor 1 (hlm. 60-71).

Downloads

Published

2020-07-01

Citation Check