PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERORIENTASI MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.702Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berorientasi Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 8 Sangsit sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 4 Sangsit sebagai kelompok kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes yang berbentuk tes pilihan ganda yang sudah divalidasi. Uji t digunkan untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Setelah menganalisis data diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,08> ttabel = 1,998). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Demikian pula skor rata-rata siswa kelompok eksperimen yaitu 13,16 yang berada pada kategori tinggi dan skor rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 11 yang berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Course Review Horay berorientasi Matematika Realistik berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika Realistik, Course Review Horay
References
Atun, I., & Rosmala, A. 2018.Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: sinar Grafika Offset.
Bukhari, B., & Hamid, M. 2017. “Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode simulasi dengan metode demonstrasi pada materi sistem dan alat pembayaran di kelas x sma negeri 1 kutablangâ€. Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE),Volume5, Nomor 1 (hlm. 21-29).
Febriyanti, C., & Irawan, A. 2017.“Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistikâ€.Delta-Pi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.Volume 6, Nomor 1 (hlm. 31-41).
Fitri, E. 2019.“Penanaman Nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah melalui peran pendidik berdasarkan supervisi pendidikan untuk terciptanya sumber dayamanusiaâ€.Tersediapada https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2018&q=pengertian+pendidikan+berkualitas&hl=id&as_sdt=0,5 (diakses tanggal 16 Desember 2019).
Fitriani, K., & Maulana, M. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistikâ€.Mimbar Sekolah Dasar, Volume 3, Nomor (hlm. 40-52).
Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Halimah, S. 2019. “Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malangâ€. Jurnal Dewantara, volume 1, nomor 1 (hlm. 1-6).
Irawan, P., & Hamid, T. 2017. “Perbedaan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X Man Suak Timah Kabupaten Aceh Baratâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, volume 2, Nomor 1 (hlm. 114-121).
Kurniasih, I. dan B. Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.
Kamarullah, K. 2017. “Pendidikan matematika di sekolah kitaâ€.Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Volume 1 Nomor 1 (hlm.21-32).
Nur, M. I., & Salam, M. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 1 tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Voume 4, Nomor 1 (hlm. 99-112).
PISA. 2015. Tersedia pada: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.Pdf
Prameswari, K. K., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., Ganing, N. N., & Hum, M. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang
Purwanto, N. 2014.Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Romadhoni.F.M. & Relmasira. S.C. 2017. “Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Teaching Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 8, Nomor 1 (hlm. 93-104).
Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. 2017. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besarâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume2, nomor 4 (Hlm. 108-118).
Sariningsih, R., & Purwasih, R. 2017. â€Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guruâ€. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), volume 1, nomor 1 (hlm. 163-177).
Sekaringtyas, T. 2017. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sdn Sukatani IVâ€. Jurnal Pendidikan Dasar, volume 8, nomor 2 (hlm.159-171).
Susanto, A. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Supandi, S. 2019. “Perenan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak Di Madrasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasanâ€. Al-Ulum: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ke Islaman, volume 6, nomor 1 (hlm. 60-71).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es