Analisis Dampak Aplikasi Tik Tok Terhadap Kemampuan Fokus Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Nursina Sari Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v13i1.4617

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mengubah pola komunikasi dan pembelajaran masyarakat, terutama di kalangan anak-anak usia sekolah dasar. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah TikTok, yang menawarkan konten video pendek kreatif namun juga berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap perilaku dan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan TikTok terhadap perilaku belajar, konsentrasi, dan pembentukan karakter siswa sekolah dasar di SDN . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, melibatkan 60 siswa kelas  yang dipilih secara purposif. Data dianalisis secara induktif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memiliki dua sisi pengaruh: positif dan negatif. Di satu sisi, TikTok mendorong kreativitas, kepercayaan diri, dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Namun di sisi lain, penggunaannya yang berlebihan tanpa pengawasan dapat menyebabkan penurunan fokus, disiplin, serta munculnya perilaku imitasi negatif. Dengan demikian, diperlukan kolaborasi antara guru dan orang tua untuk mengarahkan penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran kreatif yang tetap berlandaskan nilai moral dan karakter. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengembangkan model intervensi pembentukan karakter berbasis literasi digital di sekolah dasar.

Published

2025-11-15

Citation Check