Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa Dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan

Authors

  • St.Marwah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Sukron Fujiaturrahman Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v13i1.4615

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan pengelolan pembelajaran jarak jauh yang memandirikan siswa dan implikasinya pada layanan yang harus dilakukan lembaga pendidikan. Studi dilakukan menggunakan metode litelatur review dengan menggunakan metode analisis konten. Metode kajian pustaka yang menggunakan berbagai referensi seperti buku, jurnal penelitian, dan modul pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pada institusi pendidikan. Hasil penelitia menunjukkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh harus dikelola dengan sistematis dimulai dari penyusunan silabus materi, pemilihan aktivitas belajar, dan strategi pembelajarannya. merumuskan struktur materi dan memilih aktivitas yang relevan, adapun tugas yang diberikan harus mempertimbangkan beban, waktu, dan kemampuan siswa. Simpulan, Lembaga pendidikan perlu mengupayakan layanan komunikasi yang efektif dan efisien, pengawasan, serta pendampingan pada siswa dan orang tua.

Published

2025-11-15

Citation Check