Strategi Adaptasi Pembelajaran Digital Berbasis Data Untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v13i1.4614Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi adaptasi pembelajaran digital berbasis data yang efektif diterapkan di tingkat sekolah dasar. Melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menelusuri dan mensintesis berbagai studi terkait pembelajaran digital berbasis data yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2015–2025 dari basis data Scopus, DOAJ, dan Google Scholar. Analisis dilakukan dengan menyeleksi artikel berdasarkan relevansi topik, metode, serta kontribusinya terhadap pengembangan strategi pembelajaran digital di pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran digital berbasis data mampu meningkatkan efektivitas dan personalisasi pembelajaran melalui pemanfaatan informasi dari hasil asesmen digital dan analisis data siswa. Keberhasilan strategi ini ditentukan oleh kompetensi guru dalam literasi digital dan analisis data, dukungan sekolah serta infrastruktur teknologi yang memadai, dan penerapan model pembelajaran adaptif seperti blended learning dan flipped classroom. Namun, tantangan masih ditemukan pada keterbatasan akses teknologi, kesiapan guru, dan resistensi terhadap perubahan metode pengajaran. Kesimpulannya, strategi adaptasi pembelajaran digital berbasis data berpotensi besar dalam mewujudkan pembelajaran yang inklusif, partisipatif, dan berkelanjutan di sekolah dasar, asalkan didukung oleh peningkatan kapasitas guru, pemerataan infrastruktur, serta kebijakan pendidikan yang berpihak pada transformasi digital.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Halifa, Haifaturrahmah, Syafruddin Muhdar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es