Strategi Adaptasi Pembelajaran Digital Berbasis Data Untuk Sekolah Dasar

Authors

  • Halifa Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Syafruddin Muhdar Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v13i1.4614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi adaptasi pembelajaran digital berbasis data yang efektif diterapkan di tingkat sekolah dasar. Melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menelusuri dan mensintesis berbagai studi terkait pembelajaran digital berbasis data yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2015–2025 dari basis data Scopus, DOAJ, dan Google Scholar. Analisis dilakukan dengan menyeleksi artikel berdasarkan relevansi topik, metode, serta kontribusinya terhadap pengembangan strategi pembelajaran digital di pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran digital berbasis data mampu meningkatkan efektivitas dan personalisasi pembelajaran melalui pemanfaatan informasi dari hasil asesmen digital dan analisis data siswa. Keberhasilan strategi ini ditentukan oleh kompetensi guru dalam literasi digital dan analisis data, dukungan sekolah serta infrastruktur teknologi yang memadai, dan penerapan model pembelajaran adaptif seperti blended learning dan flipped classroom. Namun, tantangan masih ditemukan pada keterbatasan akses teknologi, kesiapan guru, dan resistensi terhadap perubahan metode pengajaran. Kesimpulannya, strategi adaptasi pembelajaran digital berbasis data berpotensi besar dalam mewujudkan pembelajaran yang inklusif, partisipatif, dan berkelanjutan di sekolah dasar, asalkan didukung oleh peningkatan kapasitas guru, pemerataan infrastruktur, serta kebijakan pendidikan yang berpihak pada transformasi digital.

Published

2025-11-12

Citation Check