Strategi Guru Dalam Mengajarkan Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran PPKN Di Sekolah Dasar

Authors

  • Erni Yulianti Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Inang Irma Rezkillah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v13i1.4606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengajarkan nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di sekolah dasar, mengidentifikasi bentuk implementasinya dalam aktivitas belajar dan interaksi sosial, mengungkap berbagai tantangan yang dihadapi guru, serta merumuskan strategi pembelajaran yang efektif dan kontekstual guna memperkuat internalisasi nilai toleransi di lingkungan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 43 artikel terpublikasi antara tahun 2020–2025 yang diperoleh dari berbagai basis data seperti Google Scholar, SCOPUS, dan DOAJ. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi guru yang bersifat partisipatif, reflektif, dan kontekstual seperti value discussion, case study, role playing, dan project-based learning terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap empati, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan. Keberhasilan internalisasi nilai toleransi juga sangat dipengaruhi oleh peran guru sebagai teladan moral, dukungan lingkungan sekolah yang inklusif, serta keterlibatan keluarga. Namun, masih terdapat tantangan berupa keterbatasan waktu pembelajaran, rendahnya kompetensi guru dalam pendidikan nilai, dan bias sosial budaya. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi pedagogik guru PPKn berbasis pendidikan karakter serta perancangan model pembelajaran yang lebih adaptif dan kontekstual dalam menanamkan nilai toleransi sejak pendidikan dasar.

Published

2025-11-16

Citation Check