Pengaruh Media Dakon Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi FPB Dan KPK Di Kelas IV

Authors

  • Ifa Dwi Astutik Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Kartinah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dakon bilangan terhadap hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 01 Semarang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam materi matematika, khususnya FPB dan KPK, yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah 29 siswa kelas IV yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan media dakon bilangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, serta observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media dakon bilangan. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest yang signifikan serta hasil uji regresi linear sederhana yang menunjukkan adanya pengaruh positif media dakon bilangan terhadap hasil belajar siswa. Hasil pretest menunjukkan nilai terendah sebesar 10 dan tertinggi 45, sedangkan hasil posttest meningkat menjadi nilai terendah 25 dan tertinggi 85. Rata-rata N-gain score sebesar 0,3299 atau 32,99%, termasuk dalam kategori sedang namun cenderung tidak efektif. Uji regresi linier sederhana menunjukkan hubungan positif antara aktivitas siswa dan hasil posttest dengan nilai signifikansi 0,089 (> 0,05), yang berarti hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik.

Published

2025-07-30

Citation Check