Pengaruh Media Dakon Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi FPB Dan KPK Di Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4588Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dakon bilangan terhadap hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 01 Semarang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam materi matematika, khususnya FPB dan KPK, yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah 29 siswa kelas IV yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan media dakon bilangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, serta observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media dakon bilangan. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest yang signifikan serta hasil uji regresi linear sederhana yang menunjukkan adanya pengaruh positif media dakon bilangan terhadap hasil belajar siswa. Hasil pretest menunjukkan nilai terendah sebesar 10 dan tertinggi 45, sedangkan hasil posttest meningkat menjadi nilai terendah 25 dan tertinggi 85. Rata-rata N-gain score sebesar 0,3299 atau 32,99%, termasuk dalam kategori sedang namun cenderung tidak efektif. Uji regresi linier sederhana menunjukkan hubungan positif antara aktivitas siswa dan hasil posttest dengan nilai signifikansi 0,089 (> 0,05), yang berarti hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ifa Dwi Astutik, Kartinah, Henry Januar Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es