Bahan Ajar Menulis Narasi Berbasis Metode Four-Square di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4585

Abstract

Pengembangan bahan ajar menulis narasi sangat penting untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Namun, bahan ajar yang ada belum mampu membimbing siswa dalam langkah-langkah menulis yang terstruktur. Penelitian ini mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan bahan ajar menulis narasi menggunakan Metode Four Square untuk siswa kelas lima sekolah dasar. Dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), penelitian ini menilai validitas melalui lembar validasi ahli dan mengumpulkan data dari implementasi program pembelajaran serta kuesioner respons guru dan siswa. Efektivitas diukur berdasarkan keterlibatan siswa, keterampilan proses menulis, dan penilaian hasil tulisan narasi mereka. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, dengan skor validasi ahli sebesar 88,87% dan 89,94%. Uji kepraktisan menunjukkan kelayakan yang sangat baik (89,47%), respons positif dari guru (93%), dan tanggapan tinggi dari siswa (94,25%). Analisis efektivitas menunjukkan keterlibatan siswa yang tinggi (91,56%) serta kinerja menulis narasi yang kuat (82,93%). Temuan ini mengonfirmasi bahwa bahan ajar menulis narasi berbasis Metode Four Square valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran di kelas lima sekolah dasar. Hasil penelitian ini memberikan alternatif bahan ajar yang mampu membimbing siswa dalam langkah-langkah menulis secara terstruktur, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memperkuat keterampilan menulis narasi siswa SD. Temuan ini juga memperkaya kajian pengembangan bahan ajar yang dapat diadopsi dan disesuaikan oleh guru maupun peneliti lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis di SD.

Author Biographies

Chandra, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Dasar

Muhardila Fauziah, Universitas PGRI Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Published

2025-07-21

Citation Check