Analisis Penguatan Literasi Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4571Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi upaya penguatan literasi bahasa Indonesia pada siswa kelas 3 SD. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan telaah dokumen. Subjek penelitian meliputi siswa, guru dan kepala sekolah. Fokus penelitian meliputi tiga aspek literasi membaca: menemukan dan mengakses informasi, menginterpretasikan dan mengintegrasikan isi bacaan, serta mengevaluasi dan merefleksikan isi teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan dasar literasi, seperti memahami ide pokok dan menceritakan ulang isi bacaan. Guru berperan penting dalam membimbing siswa melalui strategi pembelajaran aktif, sementara kepala sekolah mendukung dengan kebijakan dan fasilitas literasi. Namun, tantangan seperti rendahnya minat baca, keterbatasan bahan bacaan digital, serta belum meratanya kemampuan antar siswa masih perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan literasi perlu dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan, melibatkan seluruh elemen sekolah dan keluarga. Dengan demikian, diharapkan budaya literasi dapat tumbuh sejak dini dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan akademik dan karakter siswa. Urgensi penelitian ini terletak pada kontribusinya dalam menjawab kebutuhan nyata di lapangan terkait lemahnya literasi fungsional di tingkat sekolah dasar. Hasil penelitian ini menjadi landasan penting bagi guru dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran literasi yang lebih terarah, aplikatif, dan berkelanjutan di jenjang pendidikan dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aufa Salsabila, Miftachudin, Putri Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es