Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Kelas I Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Flash Card

Authors

  • Kania Salma Maharani Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Pratik Hari Yuwono Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4566

Abstract

Keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas I SD Negeri 1 Kedungwuluh Kidul, Banyumas melatarbelakangi penelitian ini. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran make a match berbantu media flash card untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan menjadi tujuan penelitian ini. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan MC. Taggart bersiklus dipilih pada penelitian ini. Sejumlah 16 peserta didik kelas 1 menjadi subjeknya. Teknik yang dipakai guna mengumpulkan data yakni tes, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan mengimplementasikan model pembelajaran make a match berbantu flash card. Hasil penelitian mengungkap bahwa pada siklus pertama, tingkat keberhasilan sebesar 84,3%, dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus kedua. Sehingga telah memenuhi target indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% dari total 16 peserta didik tuntas KKTP yaitu 75.

Published

2025-07-09

Citation Check