Pemahaman Ahklak Dalam Kehidupan Sehari – Hari Peserta Didik Sekolah Dasar Di Era Digital : Studio Fenomenologis
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4563Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman ahklak dalam kehidupan sehari – hari peserta didik sekolah dasar di era digital. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara guru kelas dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jenis Kulaitatif dengan pendekatan fenomenologis dipilih karena fokus penelitain ini adalah untuk menggambarkan secara mendalam makna pengalaman subjektif individu terhadap fenomena bagaimana pemahaman ahklak dalam kehidupan sehari – hari peserta didik sekolah dasar di era digital di MI Nururrodiyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa MI Nururrodiyah sudah mulai memahami pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari meskipun mereka hidup di era digital yang penuh tantangan. Mereka sadar bahwa sopan santun, kejujuran, dan saling menghormati adalah nilai-nilai penting yang harus dijaga baik secara langsung maupun di dunia digital. Namun, mereka juga menghadapi kendala seperti pengaruh lingkungan digital yang kurang sehat, pergaulan di media sosial, dan tekanan dari teman sebaya. Meskipun demikian, mereka merasa termotivasi untuk terus berbuat baik dan menjadi teladan bagi teman-temannya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Warda Syafni Zakiyah, Fitriana Siregar, Putri Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es