Pemahaman Ahklak Dalam Kehidupan Sehari – Hari Peserta Didik Sekolah Dasar Di Era Digital : Studio Fenomenologis

Authors

  • Warda Syafni Zakiyah Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia
  • Fitriana Siregar Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia
  • Putri Rahayu Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman ahklak dalam kehidupan sehari – hari peserta didik sekolah dasar di era digital. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data diperoleh melalui observasi kelas,  wawancara guru kelas dan  siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jenis Kulaitatif dengan pendekatan fenomenologis dipilih karena fokus penelitain ini adalah untuk menggambarkan secara mendalam makna pengalaman subjektif individu terhadap fenomena bagaimana pemahaman ahklak dalam kehidupan sehari – hari peserta didik sekolah dasar di era digital di MI Nururrodiyah.  Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa MI Nururrodiyah sudah mulai memahami pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari meskipun mereka hidup di era digital yang penuh tantangan. Mereka sadar bahwa sopan santun, kejujuran, dan saling menghormati adalah nilai-nilai penting yang harus dijaga baik secara langsung maupun di dunia digital. Namun, mereka juga menghadapi kendala seperti pengaruh lingkungan digital yang kurang sehat, pergaulan di media sosial, dan tekanan dari teman sebaya. Meskipun demikian, mereka merasa termotivasi untuk terus berbuat baik dan menjadi teladan bagi teman-temannya.

Published

2025-07-09

Citation Check