Peran Media Domino dalam Membangun Pemahaman Konseptual Perkalian

Authors

  • Annur Nanda Arsi Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia
  • Miftachudin Institut Daarul Qur’an Jakarta, Indonesia
  • Putri Rahayu S Institut Daarul Qur’an Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media pembelajaran domino dalam membangun pemahaman konseptual perkalian pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan guru kelas dan siswa kelas IV SDIT Yasir, dan dokumentasi proses pembelajaran. Validatas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Media domino digunakan sebagai alat bantu visual dan manipulatif yang dirancang untuk mengaitkan konsep perkalian dengan aktivitas bermain secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media domino mampu membangun pemahaman siswa dalam mengenali konseptual perkalian, memudahkan proses penyelesaian soal, serta meningkatkan ketepatan jawaban. Aktivitas mencocokkan pasangan angka pada kartu domino membantu siswa memahami relasi antar angka secara lebih konkret. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan kolaborasi dengan teman sekelompoknya. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu dan media pembelajaran, guru dapat mengatasinya melalui strategi pengelompokan beragam dan integrasi pembelajaran dalam beberapa sesi.

Published

2025-07-09

Citation Check