Peran Media Domino dalam Membangun Pemahaman Konseptual Perkalian
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4562Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media pembelajaran domino dalam membangun pemahaman konseptual perkalian pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan guru kelas dan siswa kelas IV SDIT Yasir, dan dokumentasi proses pembelajaran. Validatas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Media domino digunakan sebagai alat bantu visual dan manipulatif yang dirancang untuk mengaitkan konsep perkalian dengan aktivitas bermain secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media domino mampu membangun pemahaman siswa dalam mengenali konseptual perkalian, memudahkan proses penyelesaian soal, serta meningkatkan ketepatan jawaban. Aktivitas mencocokkan pasangan angka pada kartu domino membantu siswa memahami relasi antar angka secara lebih konkret. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan kolaborasi dengan teman sekelompoknya. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu dan media pembelajaran, guru dapat mengatasinya melalui strategi pengelompokan beragam dan integrasi pembelajaran dalam beberapa sesi.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Annur Nanda Arsi, Miftachudin, Putri Rahayu S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es