Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Solusi Penguatannya Pada Siswa Kelas V SDN 01 Nongkosawit
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4559Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai kemampuan penalaran matematis pada jenjang sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas V sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 14,3% kemampuan penalaran matematis siswa berada pada kategori tinggi, 35,7% berada pada kategori sedang, dan mayoritas, yaitu 50%, berada pada kategori rendah. Nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah juga berada pada kategori rendah, yaitu sebesar 55%. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat penalaran matematis siswa kelas V di SD Negeri 01 Nongkosawit, Kota Semarang, masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan latihan rutin dibandingkan penalaran, kurangnya stimulasi melalui soal kontekstual dan terbuka, serta keterbatasan siswa dalam mengomunikasikan proses berpikir mereka secara logis dan sistematis. Temuan ini mengimplikasikan perlunya intervensi pembelajaran yang mendorong eksplorasi, diskusi, dan strategi penyelesaian yang sesuai, agar kemampuan penalaran matematis siswa dapat berkembang secara optimal.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Habib Ramadhani, Irfan Supriatna, Rizqa Dwi Shofiya Maghfira Izzania, Ratna Sari, Anugrah Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es