Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Solusi Penguatannya Pada Siswa Kelas V SDN 01 Nongkosawit

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4559

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai kemampuan penalaran matematis pada jenjang sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas V sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 14,3% kemampuan penalaran matematis siswa berada pada kategori tinggi, 35,7% berada pada kategori sedang, dan mayoritas, yaitu 50%, berada pada kategori rendah. Nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah juga berada pada kategori rendah, yaitu sebesar 55%. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat penalaran matematis siswa kelas V di SD Negeri 01 Nongkosawit, Kota Semarang, masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan latihan rutin dibandingkan penalaran, kurangnya stimulasi melalui soal kontekstual dan terbuka, serta keterbatasan siswa dalam mengomunikasikan proses berpikir mereka secara logis dan sistematis. Temuan ini mengimplikasikan perlunya intervensi pembelajaran yang mendorong eksplorasi, diskusi, dan strategi penyelesaian yang sesuai, agar kemampuan penalaran matematis siswa dapat berkembang secara optimal.

Published

2025-07-09

Citation Check