Pengembangan Media Excel Games Berbasis Gamifikasi Konten Pada Pembelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4555Abstract
Pembelajaran IPA pada materi Harmoni dalam Ekosistem memerlukan media yang mampu menyajikan konsep abstrak secara jelas dan menarik. Media konvensional sering kurang efektif dalam menjaga fokus dan motivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif bernama Excel Games yang mengintegrasikan unsur digital dan non-digital melalui gamifikasi untuk mendukung pembelajaran IPA di sekolah dasar. Media ini terdiri dari dua bagian, yaitu “Finding Answer” dengan pendekatan treasure hunt dan “Yuk Explore” berupa permainan monopoli pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pada tahap desain, prototipe awal dikembangkan menjadi media pembelajaran 2D yang dilengkapi materi, gambar, grafik, dan QR code untuk mendukung pembelajaran mandiri maupun kelompok. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dari wawancara dan analisis deskriptif kuantitatif dari angket. Subjek penelitian meliputi validator, guru IPA, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru memerlukan media Excel Games untuk mendukung pembelajaran IPA. Uji validitas oleh ahli media dan materi menunjukkan media ini sangat valid, sedangkan uji kepraktisan pada kelompok kecil, kelompok besar, dan guru menunjukkan bahwa Excel Games sangat praktis digunakan di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Faiqatunnisa, Nurhikmah H, Farida Febriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es