Pengembangan Media Excel Games Berbasis Gamifikasi Konten Pada Pembelajaran IPA Kelas V

Authors

  • Faiqatunnisa Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurhikmah H Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Farida Febriati Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4555

Abstract

Pembelajaran IPA pada materi Harmoni dalam Ekosistem memerlukan media yang mampu menyajikan konsep abstrak secara jelas dan menarik. Media konvensional sering kurang efektif dalam menjaga fokus dan motivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif bernama Excel Games yang mengintegrasikan unsur digital dan non-digital melalui gamifikasi untuk mendukung pembelajaran IPA di sekolah dasar. Media ini terdiri dari dua bagian, yaitu “Finding Answer” dengan pendekatan treasure hunt dan “Yuk Explore” berupa permainan monopoli pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pada tahap desain, prototipe awal dikembangkan menjadi media pembelajaran 2D yang dilengkapi materi, gambar, grafik, dan QR code untuk mendukung pembelajaran mandiri maupun kelompok. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dari wawancara dan analisis deskriptif kuantitatif dari angket. Subjek penelitian meliputi validator, guru IPA, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru memerlukan media Excel Games untuk mendukung pembelajaran IPA. Uji validitas oleh ahli media dan materi menunjukkan media ini sangat valid, sedangkan uji kepraktisan pada kelompok kecil, kelompok besar, dan guru menunjukkan bahwa Excel Games sangat praktis digunakan di kelas.

Published

2025-07-09

Citation Check