Manfaat Dan Tantangan Asesmen Berbasis Gamifikasi Dalam Pendidikan Dasar: A Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4553Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mensintesis manfaat serta tantangan yang dilaporkan dalam penerapan asesmen berbasis gamifikasi pada pendidikan dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan pedoman PRISMA 2020, dengan sumber data utama dari basis data Scopus. Proses seleksi menghasilkan delapan studi empiris dari tahun 2017 hingga 2025 yang relevan, terbaru, dan memenuhi kriteria inklusi. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa asesmen berbasis gamifikasi secara konsisten meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Elemen-elemen seperti poin, papan peringkat, tantangan, dan umpan balik instan terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman asesmen yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, asesmen ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah kompleks, serta meningkatkan harga diri siswa. Namun, tantangan implementasi masih ditemukan, seperti risiko distraksi akibat elemen permainan yang berlebihan, validitas penilaian sejawat kebutuhan infrastruktur teknologi, serta kesenjangan digital. Oleh karena itu, desain asesmen gamifikasi perlu mempertimbangkan konteks pendidikan dasar secara holistik agar dapat berfungsi sebagai alat evaluasi yang adil, inklusif, dan efektif. Kajian ini memperluas pemahaman tentang manfaat dan tantangan penerapan asesmen berbasis gamifikasi dalam konteks pembelajaran. Hasil sintesis ini dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam merancang strategi evaluasi yang inovatif, adaptif, dan berorientasi pada peningkatan motivasi belajar dan keterlibatan siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Selviana Dewi Pramesti, Aurelya Andini Putri, Lintang Analisa Ekasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es