Analisis Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender

Authors

  • Tri Utami Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4551

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan membaca peserta didik SD kelas 1 menurut gender dari berbagai perspektif dan temuan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan melibatkan 15 peserta didik, dimana 7 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan sisanya perempuan. Sementara teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap peserta didik Sekolah Dasar, ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca peserta didik SD antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan di SD Negeri 1 Sawahan Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Hasil dari tes menunjukkan bahwa rata-rata skor peserta didik perempuan menunjukkan angka yang lebih tinggi dibandingkan anak laki-laki. Dapat diartikan peserta didik perempuan memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dibandingkan peserta didik laki-laki, baik dari aspek kelancaran maupun pemahaman literal. Perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal.

Published

2025-07-09

Citation Check