Analisis Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4551Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan membaca peserta didik SD kelas 1 menurut gender dari berbagai perspektif dan temuan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan melibatkan 15 peserta didik, dimana 7 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan sisanya perempuan. Sementara teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap peserta didik Sekolah Dasar, ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca peserta didik SD antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan di SD Negeri 1 Sawahan Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Hasil dari tes menunjukkan bahwa rata-rata skor peserta didik perempuan menunjukkan angka yang lebih tinggi dibandingkan anak laki-laki. Dapat diartikan peserta didik perempuan memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dibandingkan peserta didik laki-laki, baik dari aspek kelancaran maupun pemahaman literal. Perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Tri Utami, Enik Setyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es