Pemetaan Metode Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi : Sebuah Studi Literatur 2018-2024
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4545Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemetaan metode pembelajaran
IPS di Sekolah Dasar kelas tinggi. Ruang lingkup pembahasan pada penelitian ini terkait
dengan metode-metode pembelajaran IPS yang digunakan di Sekolah Dasar kelas tinggi
berdasarkan Studi Literatur: 2018-2024. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode
penelitian studi literatur. Studi literatur ini dilaksanakan dengan (1) melakukan pengkajian dari
berbagai sumber pustaka, (2) melakukan interpretasi hasil penelitian, selanjutnya (3)
melakukan peninjauan secara kritis argumen dan (4) menemukan temuan yang menarik seperti
metode yang paling sering digunakan dan kompetensi yang berhasil dikuasai melalui metode.
Berdasarkan studi literatur 2018-2024 dapat disimpulkan (1) Urutan dan presentase metodemetode
pembelajaran IPS yang paling sering digunakan hingga yang jarang digunakan di
Sekolah Dasar kelas tinggi yaitu: a) metode inkuiri sebesar 30%; b) metode diskusi sebesar
25%; c) metode simulasi sebesar 25%; d) metode tanya jawab sebesar 15% dan e) metode
ceramah sebesar 5%. (2) Metode inkuri merupakan metode yang paling efektif digunakan
dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar kelas tinggi, karena karakteristik metode inkuiri
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS. (3) Keterkaitan metode-metode pembelajaran
dengan materi/ KD/ indikator yaitu: a) materi ASEAN merupakan materi yang paling banyak
diajarkan kepada siswa dengan menggunakan metode-metode IPS di Sekolah Dasar kelas
tinggi; b) urutan kompetensi dasar yang paling banyak ditingkatkan melalui pembelajaran IPS
di Sekolah Dasar kelas tinggi adalah sebagai berikut: 1) kompetensi dasar aspek afektif sebesar
25%; 2) kompetensi dasar aspek kognitif sebesar 33,3%; dan 3) kompetensi dasar aspek
psikomotorik sebesar 25%.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sindy Novita Fitriani Fitriani, Dhiniaty Gularso Gularso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es