Membangun Karakter Beriman Kepada Tuhan YME Siswa SD Kelas Tinggi Melalui Kegiatan Pathfinder Di Sekolah Dasar Advent Nabire Papua

Authors

  • Efa Nurlinda Purba Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Dhiniaty Gularso Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4541

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas kegiatan Pathfinder dalam membentuk karakter beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) pada siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Advent Nabire, Papua. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, analisis dokumen kurikulum Pathfinder, serta wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru pembina, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pathfinder secara sistematis mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan moral melalui devosi harian, studi Alkitab tematik, pelayanan masyarakat, dan petualangan alam, didukung oleh filosofi pendidikan holistik sekolah. Integrasi nilai yang disengaja ini menghasilkan dampak positif signifikan pada siswa, termasuk peningkatan pemahaman spiritual, kebiasaan praktik keagamaan, pengembangan keterampilan hidup dan sosial-emosional, serta penguatan moral seperti pengampunan dan ketaatan. Orang tua juga mengamati perubahan perilaku positif dan penguatan hubungan anak dengan Tuhan di lingkungan rumah. Meskipun menghadapi tantangan waktu, dukungan kuat dari komunitas sekolah dan sifat internasional program menjamin keberlanjutan Pathfinder sebagai pilar utama pendidikan karakter beriman di Nabire.

Published

2025-07-09

Citation Check