Hubungan Paparan Gadget Terhadap Keterlambatan Bicara Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (ASD)
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4540Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara durasi paparan perangkat elektronik dan keterlambatan bicara pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, studi ini melibatkan 50 anak yang didiagnosis ASD di Sekolah Dasar Negeri Nayu Barat 2. Data dikumpulkan melalui penilaian keterlambatan bicara dan kuesioner terstruktur mengenai durasi penggunaan perangkat elektronik setiap hari. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara variabel. Hasil menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara paparan perangkat elektronik lebih dari tiga jam per hari dengan tingkat keterlambatan bicara yang lebih tinggi (p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan perangkat secara berlebihan dapat memperburuk keterlambatan bicara pada anak-anak dengan ASD. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya intervensi dini dan pembatasan waktu penggunaan perangkat elektronik sebagai upaya preventif dalam mendukung perkembangan komunikasi anak dengan ASD.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Arif Rohman Hakim, Slamet Santoso, Ilyasa Hanif Surya Putra, Revina Nuri Wardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es