Hubungan Paparan Gadget Terhadap Keterlambatan Bicara Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (ASD)

Authors

  • Arif Rohman Hakim Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Slamet Santoso Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Ilyasa Hanif Surya Putra Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Revina Nuri Wardani Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara durasi paparan perangkat elektronik dan keterlambatan bicara pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, studi ini melibatkan 50 anak yang didiagnosis ASD di Sekolah Dasar Negeri Nayu Barat 2. Data dikumpulkan melalui penilaian keterlambatan bicara dan kuesioner terstruktur mengenai durasi penggunaan perangkat elektronik setiap hari. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara variabel. Hasil menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara paparan perangkat elektronik lebih dari tiga jam per hari dengan tingkat keterlambatan bicara yang lebih tinggi (p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan perangkat secara berlebihan dapat memperburuk keterlambatan bicara pada anak-anak dengan ASD. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya intervensi dini dan pembatasan waktu penggunaan perangkat elektronik sebagai upaya preventif dalam mendukung perkembangan komunikasi anak dengan ASD.

Published

2025-06-29

Citation Check