Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Muatan Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Studi Kasus Di SD Negeri 2 Sidayu

Authors

  • Ahmad Faishal Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Farid Ahmadi Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, faktor yang memengaruhi keterlaksanaan, serta tantangan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrument utama penelitian. Subjek penelitian meliputi seorang guru kelas V dan empat peserta didik kelas V di salah satu SD negeri di Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Kredibilitas dalam menguji validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah dilaksanakan dengan cukup baik. Guru menunjukkan pemahaman yang baik terhadap prinsip diferensiasi, melakukan asesmen awal, serta menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang menyesuaikan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa melalui variasi konten, proses, dan produk. Faktor pendukung keterlaksanaannya meliputi pemahaman guru, ketersediaan media, respons positif siswa, serta dukungan lingkungan sekolah seperti kepala sekolah dan komunitas belajar guru..

Published

2025-06-14

Citation Check