Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Muatan Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Studi Kasus Di SD Negeri 2 Sidayu
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4526Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, faktor yang memengaruhi keterlaksanaan, serta tantangan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrument utama penelitian. Subjek penelitian meliputi seorang guru kelas V dan empat peserta didik kelas V di salah satu SD negeri di Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Kredibilitas dalam menguji validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah dilaksanakan dengan cukup baik. Guru menunjukkan pemahaman yang baik terhadap prinsip diferensiasi, melakukan asesmen awal, serta menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang menyesuaikan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa melalui variasi konten, proses, dan produk. Faktor pendukung keterlaksanaannya meliputi pemahaman guru, ketersediaan media, respons positif siswa, serta dukungan lingkungan sekolah seperti kepala sekolah dan komunitas belajar guru..
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Faishal, Farid Ahmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es