Pengembangan Media Peta Interaktif Berbasis Platform Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Ngroto
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4524Abstract
Penelitian ini didasari oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Oleh karena itu, media pembelajaran inovatif dihadirkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain, kelayakan, serta keefektifan media peta interaktif berbasis platform digital materi letak dan kondisi geografis Indonesia di kelas V SD Negeri Ngroto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi, data dokumen, tes tertulis dan angket. Sedangkan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji T, dan uji N-gain. Hasil validasi menunjukkan media peta interaktif berbasis platform digital sangat layak digunakan dengan skor 96,10% (ahli media) dan 92,30% (ahli materi), serta memperoleh tanggapan positif dari guru (97,50%) dan peserta didik (96,30%). Keefektifan media berdasarkan hasil uji T berpasangan adalah 12,8811 > 2,0153 maka H0 ditolak, serta pada uji N-gain mengalami peningkatan rata-rata skor 0,6124 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media peta interaktif berbasis platform digital efektif dan sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri Ngroto.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Hanif Akhmad Ramadhani, Bagas Kurnianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es