Pengembangan Media Peta Interaktif Berbasis Platform Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Ngroto

Authors

  • Hanif Akhmad Ramadhani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bagas Kurnianto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4524

Abstract

Penelitian ini didasari oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Oleh karena itu, media pembelajaran inovatif dihadirkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain, kelayakan, serta keefektifan media peta interaktif berbasis platform digital materi letak dan kondisi geografis Indonesia di kelas V SD Negeri Ngroto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi, data dokumen, tes tertulis dan angket. Sedangkan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji T, dan uji N-gain. Hasil validasi menunjukkan media peta interaktif berbasis platform digital sangat layak digunakan dengan skor 96,10% (ahli media) dan 92,30% (ahli materi), serta memperoleh tanggapan positif dari guru (97,50%) dan peserta didik (96,30%). Keefektifan media berdasarkan hasil uji T berpasangan adalah 12,8811 > 2,0153 maka H0 ditolak, serta pada uji N-gain mengalami peningkatan rata-rata skor 0,6124 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media peta interaktif berbasis platform digital efektif dan sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri Ngroto.

Published

2025-06-14

Citation Check