Pengembangan Media Pop-Scrabbook Digital Dalam Project Based Learning (PJBL) Dengan Model Borg And Gall Untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas V SD Negeri Pulosari 1 Karangtengah Demak

Authors

  • Ihda Aulia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sigit Yulianto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4523

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media Pop-ScrabBook digital sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Sugiyono dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan 27 peserta didik kelas V SD Negeri Pulosari 01, dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik kelas V A dan skala besar pada 21 peserta didik kelas V B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest-posttest) dan non tes berupa hasil dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kelayakan media Pop-ScrabBook digital ditunjukkan dari hasil validasi ahli media, materi, dan Bahasa serta hasil tanggapan guru dan siswa yang menunjukkan kriteria “sangat layak”. Keefektifan media Pop-ScrabBook digital dibuktikan melalui hasil uji-t pada skala kecil dan skala besar dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dan hasil N-gain pada skala kecil sebesar 0,63 dan skala besar sebesar 0,66 yang menunjukkan kriteria “sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-ScrabBook mampu meningkatkan minat belajar, kreativitas siswa, dan pemanfaatan teknologi digital secara interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Pulosari 01.

Published

2025-06-14

Citation Check