Pengembangan Media Pop-Scrabbook Digital Dalam Project Based Learning (PJBL) Dengan Model Borg And Gall Untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas V SD Negeri Pulosari 1 Karangtengah Demak
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4523Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media Pop-ScrabBook digital sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Sugiyono dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan 27 peserta didik kelas V SD Negeri Pulosari 01, dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik kelas V A dan skala besar pada 21 peserta didik kelas V B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest-posttest) dan non tes berupa hasil dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kelayakan media Pop-ScrabBook digital ditunjukkan dari hasil validasi ahli media, materi, dan Bahasa serta hasil tanggapan guru dan siswa yang menunjukkan kriteria “sangat layak”. Keefektifan media Pop-ScrabBook digital dibuktikan melalui hasil uji-t pada skala kecil dan skala besar dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dan hasil N-gain pada skala kecil sebesar 0,63 dan skala besar sebesar 0,66 yang menunjukkan kriteria “sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-ScrabBook mampu meningkatkan minat belajar, kreativitas siswa, dan pemanfaatan teknologi digital secara interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Pulosari 01.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ihda Aulia , Sigit Yulianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es