Prinsip Dan Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Mahayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Fabriella Happy Agata Br Sembiring Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Putu Wira Adi Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Made Oka Adi Winata Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui telaah pustaka dari berbagai sumber ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip pembelajaran yang efektif meliputi keterlibatan aktif peserta didik, pembelajaran kontekstual, integrasi keterampilan berbahasa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta penggunaan media dan metode yang bervariasi. Secara signifikan, penerapan prinsip pembelajaran kontekstual dan keterlibatan aktif terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, relevansi materi dengan kehidupan nyata, serta memperkuat penguasaan kompetensi literasi secara menyeluruh. Pendekatan yang diterapkan mencakup pendekatan tujuan, struktural, keterampilan proses, CBSA, komunikatif, whole language, dan terpadu. Integrasi yang tepat antara prinsip dan pendekatan tersebut menghasilkan model pembelajaran yang tidak hanya efektif secara kognitif, tetapi juga mampu mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik siswa. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam merancang strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih adaptif, bermakna, serta relevan untuk mendukung penguatan literasi dan kompetensi abad ke-21 di tingkat sekolah dasar

Published

2025-06-14

Citation Check