Prinsip Dan Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4518Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui telaah pustaka dari berbagai sumber ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip pembelajaran yang efektif meliputi keterlibatan aktif peserta didik, pembelajaran kontekstual, integrasi keterampilan berbahasa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta penggunaan media dan metode yang bervariasi. Secara signifikan, penerapan prinsip pembelajaran kontekstual dan keterlibatan aktif terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, relevansi materi dengan kehidupan nyata, serta memperkuat penguasaan kompetensi literasi secara menyeluruh. Pendekatan yang diterapkan mencakup pendekatan tujuan, struktural, keterampilan proses, CBSA, komunikatif, whole language, dan terpadu. Integrasi yang tepat antara prinsip dan pendekatan tersebut menghasilkan model pembelajaran yang tidak hanya efektif secara kognitif, tetapi juga mampu mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik siswa. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam merancang strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih adaptif, bermakna, serta relevan untuk mendukung penguatan literasi dan kompetensi abad ke-21 di tingkat sekolah dasar
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Kadek Mahayanti, Fabriella Happy Agata Br Sembiring, Putu Wira Adi Kusuma, I Made Oka Adi Winata, Ida Bagus Putrayasa, I Nyoman Sudiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es