Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gaya Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4517Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa sekolah dasar berdasarkan gaya belajar mereka pada mata pelajaran IPA, khususnya pada materi perubahan wujud zat. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara langsung terhadap 4 siswa kelas IV di MINU Sumokali yang diklasifikasikan ke dalam tiga gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi, dengan kemampuan kognitif yang dinilai melalui enam indikator: mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar auditori (ZDN3) mencapai nilai tertinggi, dikategorikan sangat baik, sementara siswa dengan gaya belajar visual (FTR1) juga mendapat nilai sangat baik, dan siswa dengan gaya belajar visual (HFZ2) serta kinestetik (AGS4) dikategorikan baik. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan kemampuan kognitif yang baik, secara efektif terlibat dengan materi perubahan wujud zat. Penelitian ini menekankan pentingnya memahami gaya belajar individu untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan keterampilan pemecahan masalah pada siswa
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nur Aviatul Faizah, Enik Setiyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es