Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gaya Belajar

Authors

  • Nur Aviatul Faizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa sekolah dasar berdasarkan gaya belajar mereka pada mata pelajaran IPA, khususnya pada materi perubahan wujud zat. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara langsung terhadap 4 siswa kelas IV di MINU Sumokali yang diklasifikasikan ke dalam tiga gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi, dengan kemampuan kognitif yang dinilai melalui enam indikator: mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar auditori (ZDN3) mencapai nilai tertinggi, dikategorikan sangat baik, sementara siswa dengan gaya belajar visual (FTR1) juga mendapat nilai sangat baik, dan siswa dengan gaya belajar visual (HFZ2) serta kinestetik (AGS4) dikategorikan baik. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan kemampuan kognitif yang baik, secara efektif terlibat dengan materi perubahan wujud zat. Penelitian ini menekankan pentingnya memahami gaya belajar individu untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan keterampilan pemecahan masalah pada siswa

Published

2025-06-14

Citation Check