Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Authors

  • Niken Arien Syah Putri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setiawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa dalam materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Dalam era digital, tekonlogi pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V di SDN Gedangan 1. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest. Analisis data ini menggunakan Uji T menunjukkan nilai signifikasi (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa media video animasi efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks dengan lebih baik. Penelitian ini memberikan bukti bahwa media interaktif dalam pendidikan, terutama dalam konteks pembelajaran yang membutuhkan visualisasi yang jelas dan menarik. Diharapkan, temuan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Published

2025-06-14

Citation Check