Strategi Guru Dalam Menguatkan Ekoliterasi Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Izzul Maghfiroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4515

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kesadaran individu terhadap lingkungan dan masalah lingkungan. Penguatan ekoliterasi di sekolah dasar perlu dilakukan untuk meningkatkan kepeduliaan dan pemahaman terhadap isu lingkungan. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis strategi guru dalam menguatkan ekoliterasi siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Alam Al-Izzah dengan 2 partisipan yaitu guru kelas III Wakatobi dan kelas III Karimunjawa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang ditunjukkan pada penelitian ini terdapat beberapa siswa yang kurang peduli terhadap kelestarian lingkungan, akan tetapi sebagian besar siswa telah memiliki kesadaran terhadap lingkungan. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa beberapa strategi penguatan ekoliterasi yang diterapkan guru yaitu pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar, pembelajaran luar ruangan, eksperimen, dan diskusi kelompok tentang isu lingkungan. Pembelajaran tersebut didukung dengan media pembelajaran nyata/konkret sehingga siswa dapat melihat dan mengalami secara langsung

Published

2025-06-14

Citation Check