Strategi Guru Dalam Menguatkan Ekoliterasi Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4515Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kesadaran individu terhadap lingkungan dan masalah lingkungan. Penguatan ekoliterasi di sekolah dasar perlu dilakukan untuk meningkatkan kepeduliaan dan pemahaman terhadap isu lingkungan. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis strategi guru dalam menguatkan ekoliterasi siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Alam Al-Izzah dengan 2 partisipan yaitu guru kelas III Wakatobi dan kelas III Karimunjawa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang ditunjukkan pada penelitian ini terdapat beberapa siswa yang kurang peduli terhadap kelestarian lingkungan, akan tetapi sebagian besar siswa telah memiliki kesadaran terhadap lingkungan. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa beberapa strategi penguatan ekoliterasi yang diterapkan guru yaitu pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar, pembelajaran luar ruangan, eksperimen, dan diskusi kelompok tentang isu lingkungan. Pembelajaran tersebut didukung dengan media pembelajaran nyata/konkret sehingga siswa dapat melihat dan mengalami secara langsung
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Izzul Maghfiroh, Enik Setiyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es