Studi Efektivitas Model TGT Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Kapital Pada Teks Eksposisi Siswa Kelas V SD 1 Jekulo

Authors

  • Putri Amelia Noviyanti Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Sri Utaminingsih Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil keterampilan menulis huruf kapital siswa sebelum dan sesudah penerapan model TGT. Model TGT adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan. Model TGT sendiri merupakan model pembelajaran yang melibatkan kegiatan permainan dan pertandingan sehingga dapat meningkatkan minat dan semangat peserta didik dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di SD 1 Jekulo. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Menggunakan metode pretest-posttest dengan menggunakan uji Paired Sample T-test. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik sampling jenuh dengan jumlah populasi siswa kelas V adalah 30 suswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata dengan signifikan sebesar 0.000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis huruf kapital menggunakan model Teams Games Tournament

Author Biographies

Sri Utaminingsih, Universitas Muria Kudus

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus

Lintang Kironoratri, Universitas Muria Kudus

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus

Published

2025-06-14

Citation Check