Studi Efektivitas Model TGT Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Kapital Pada Teks Eksposisi Siswa Kelas V SD 1 Jekulo
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4514Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil keterampilan menulis huruf kapital siswa sebelum dan sesudah penerapan model TGT. Model TGT adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan. Model TGT sendiri merupakan model pembelajaran yang melibatkan kegiatan permainan dan pertandingan sehingga dapat meningkatkan minat dan semangat peserta didik dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di SD 1 Jekulo. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Menggunakan metode pretest-posttest dengan menggunakan uji Paired Sample T-test. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik sampling jenuh dengan jumlah populasi siswa kelas V adalah 30 suswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata dengan signifikan sebesar 0.000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis huruf kapital menggunakan model Teams Games Tournament
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Putri Amelia Noviyanti, Sri Utaminingsih, Lintang Kironoratri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es