Pengembangan Media E-Comic Berbasis Audiovisual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Miyanti Eka Martasari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4502

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran E-Comic berbasis audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan menurut Borg and Gall melalui beberapa langkah diantaranya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Setelah media dikembangkan, maka dilakukan penilaian kelayakan meliputi validasi materi dan validasi media oleh ahli. Berdasarkan hasil penilaian ahli validasi materi mendapatkan nilai presentase 88,15% dan nilai presentase 94,73% untuk validasi media dengan kategori layak. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk dan diperoleh nilai Sig. pre-test 0,142 dan post-test 0,63 sehingga data berdistribusi normal karena nilai Sig. > 0,05. Hasil uji T diperoleh nilai Sig. 0,000 sehingga disimpulkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Hasil uji N-Gain memperoleh nilai mean 0,3593 sehingga masuk dalam kategori 0,30 ≤ g ≤ 0,70 yang berarti terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan interpretasi sedang. Dengan demikian, media E-Comic berbasis audiovisual pada materi karakter para perumus Pancasila kelas IV SDN 2 Cepiring Kendal sudah memenuhi kriteria layak digunakan dan meningkan hasil belajar siswa dengan kategori interpretasi sedang.

Published

2025-06-14

Citation Check