Pengembangan Media E-Comic Berbasis Audiovisual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4502Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran E-Comic berbasis audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan menurut Borg and Gall melalui beberapa langkah diantaranya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Setelah media dikembangkan, maka dilakukan penilaian kelayakan meliputi validasi materi dan validasi media oleh ahli. Berdasarkan hasil penilaian ahli validasi materi mendapatkan nilai presentase 88,15% dan nilai presentase 94,73% untuk validasi media dengan kategori layak. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk dan diperoleh nilai Sig. pre-test 0,142 dan post-test 0,63 sehingga data berdistribusi normal karena nilai Sig. > 0,05. Hasil uji T diperoleh nilai Sig. 0,000 sehingga disimpulkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Hasil uji N-Gain memperoleh nilai mean 0,3593 sehingga masuk dalam kategori 0,30 ≤ g ≤ 0,70 yang berarti terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan interpretasi sedang. Dengan demikian, media E-Comic berbasis audiovisual pada materi karakter para perumus Pancasila kelas IV SDN 2 Cepiring Kendal sudah memenuhi kriteria layak digunakan dan meningkan hasil belajar siswa dengan kategori interpretasi sedang.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Miyanti Eka Martasari, Susilo Tri Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es