Pengembangan Vidio Pembelajaran “MARINA” Tentang Nabi Yang Menerima Wahyu Allah

Authors

  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Indonesia
  • Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Indonesia
  • Destia Tri Ananda Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Indonesia
  • Adinda Putri Aulia Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4500

Abstract

Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan mendorong guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menarik. Namun, banyak guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar yang belum memanfaatkan media video pembelajaran dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran yang interaktif dengan judul MARINA (Mari Ingat Nabi) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III, dengan materi tentang 25 nabi dan rasul beserta wahyu yang mereka terima. Penelitian menggunakan pendekatan Desain dan Pengembangan (D&D) melalui model ADDIE yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Penelitian ini mencakup wawancara dan alat penilaian, dianalisis dalam fase pengumpulan data, reduksi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video MARINA memiliki kualitas sangat baik berdasarkan validasi ahli, dengan skor kelayakan 92,5%. Penelitian ini melakukan uji coba terhadap 28 siswa kelas III yang menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman terhadap materi, serta respon positif terhadap aspek visual dan naratif. Penggunaan video pembelajaran dalam proses belajar mengajar tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Hasil penelitian ini, dapat membantu guru Pendidikan Agama Islam di SD untuk lebih memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran

Published

2025-06-14

Citation Check