Pengembangan Vidio Pembelajaran “MARINA” Tentang Nabi Yang Menerima Wahyu Allah
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4500Abstract
Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan mendorong guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menarik. Namun, banyak guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar yang belum memanfaatkan media video pembelajaran dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran yang interaktif dengan judul MARINA (Mari Ingat Nabi) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III, dengan materi tentang 25 nabi dan rasul beserta wahyu yang mereka terima. Penelitian menggunakan pendekatan Desain dan Pengembangan (D&D) melalui model ADDIE yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Penelitian ini mencakup wawancara dan alat penilaian, dianalisis dalam fase pengumpulan data, reduksi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video MARINA memiliki kualitas sangat baik berdasarkan validasi ahli, dengan skor kelayakan 92,5%. Penelitian ini melakukan uji coba terhadap 28 siswa kelas III yang menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman terhadap materi, serta respon positif terhadap aspek visual dan naratif. Penggunaan video pembelajaran dalam proses belajar mengajar tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Hasil penelitian ini, dapat membantu guru Pendidikan Agama Islam di SD untuk lebih memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ani Nur Aeni, Rahmawati, Destia Tri Ananda, Adinda Putri Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es