Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Hasil Belajar di SDN Wonokasian 2 Sidoarjo

Authors

  • Nuril Asy'ari Universitas Muhammdiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Machful Indrakurniawan Universitas Muhammdiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap penggunaan platform Quizizz sebagai media evaluasi hasil belajar di lingkungan sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonokasian 2 sebanyak 18 siswa dengan teknik purposive sampling. teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner tertutup yang disusun dengan skala likert 5 poin. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung persentase, frekuensi, dan skor rata-rata dari kuesioner, kemudian dibandingkan dengan skor ideal untuk menentukan kategori persepsi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keseluruhan siswa terhadap penggunaan Quizizz berada pada kategori baik (72,22%). Pada indikator keaktifan dan motivasi belajar masing-masing memperoleh nilai 75,55% (baik), kepuasan 71,11% (baik), sedangkan kemudahan akses memperoleh skor 67,77% (cukup baik). Hasil ini mengindikasikan bahwa Quizizz efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Temuan ini mendorong pentingnya pemanfaatan teknologi serupa dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar, dengan mempertimbangkan kesiapan infrastruktur jaringan serta pendampingan dalam penggunaan teknologi bagi siswa

Published

2025-06-14

Citation Check