Pengembangan Flipbook Digital "MERASA" Berbasis Heyzine Dan Canva Untuk Memahami Surat Al Kautsar Dalam Pembelajaran PAI Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4498Abstract
Pendidikan agama Islam memiliki peran penting sejak usia dini dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, serta pembentukan akhlak mulia pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan Islam yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an dan Sunnah, dengan fokus pada penggunaan media pembelajaran kreatif berupa Flipbook MERASA (Mari Memahami Surat Al-Kautsar) untuk siswa kelas III SD. Pada tingkat pendidikan dasar, pendidikan Islam tidak semata berfokus pada penyampaian pengetahuan, melainkan juga berperan dalam membentuk moral dan spiritualitas anak sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif mereka. Surat Al-Kautsar dipilih sebagai bahan ajar karena sifatnya yang singkat namun penuh makna, sehingga cocok untuk anak-anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam menekankan keseimbangan antara aspek pengetahuan, keimanan, akhlak, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar pembentukan karakter yang utuh. Media Flipbook MERASA berperan sebagai alat pembelajaran Al-Qur’an yang efektif, interaktif, dan menyenangkan, serta terbukti mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap makna yang terkandung dalam Surat Al-Kautsar
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Dewi Intan Sari, Rifa Rodhiyatan Mardhiyyah, Nadia Safitri, Ani Nur Aeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es