Pengembangan Flipbook Digital "MERASA" Berbasis Heyzine Dan Canva Untuk Memahami Surat Al Kautsar Dalam Pembelajaran PAI Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Intan Sari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Sumedang, Indonesia
  • Rifa Rodhiyatan Mardhiyyah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Sumedang, Indonesia
  • Nadia Safitri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Sumedang, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Sumedang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4498

Abstract

Pendidikan agama Islam memiliki peran penting sejak usia dini dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, serta pembentukan akhlak mulia pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan Islam yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an dan Sunnah, dengan fokus pada penggunaan media pembelajaran kreatif berupa Flipbook MERASA (Mari Memahami Surat Al-Kautsar) untuk siswa kelas III SD. Pada tingkat pendidikan dasar, pendidikan Islam tidak semata berfokus pada penyampaian pengetahuan, melainkan juga berperan dalam membentuk moral dan spiritualitas anak sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif mereka. Surat Al-Kautsar dipilih sebagai bahan ajar karena sifatnya yang singkat namun penuh makna, sehingga cocok untuk anak-anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam menekankan keseimbangan antara aspek pengetahuan, keimanan, akhlak, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar pembentukan karakter yang utuh. Media Flipbook MERASA berperan sebagai alat pembelajaran Al-Qur’an yang efektif, interaktif, dan menyenangkan, serta terbukti mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap makna yang terkandung dalam Surat Al-Kautsar

Published

2025-06-14

Citation Check