Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui TGT Berbantuan Wordwall Pada Pembelajaran Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4494Abstract
Motivasi yang tinggi memungkinkan siswa untuk menunjukkan minat, ketekunan, dan semangat dalam belajar, sehingga mampu mencapai hasil belajar yang optimal. Namun pada kenyataannya, ditemukan siswa tampak kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selama proses berlangsung yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Penggunaan strategi TGT yang diintegrasikan dengan menggunakan media Wordwall berhasil memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas, serta membuat pembelajaran menjadi lebih variatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat mengadopsi strategi pembelajaran TGT berbantuan media digital interaktif seperti Wordwall sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran yang dianggap kurang menarik oleh siswa
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Adi Setiawan, Ryan Peby Andriani, Yulia Maftuhah Hidayati, Agus Supardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es