Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui TGT Berbantuan Wordwall Pada Pembelajaran Pancasila

Authors

  • Wahyu Adi Setiawan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ryan Peby Andriani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Agus Supardi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4494

Abstract

Motivasi yang tinggi memungkinkan siswa untuk menunjukkan minat, ketekunan, dan semangat dalam belajar, sehingga mampu mencapai hasil belajar yang optimal. Namun pada kenyataannya, ditemukan siswa tampak kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selama proses berlangsung yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Penggunaan strategi TGT yang diintegrasikan dengan menggunakan media Wordwall berhasil memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas, serta membuat pembelajaran menjadi lebih variatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat mengadopsi strategi pembelajaran TGT berbantuan media digital interaktif seperti Wordwall sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran yang dianggap kurang menarik oleh siswa

Published

2025-06-14

Citation Check