Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Matematika: Meningkatkan Hasil Belajar Luas Persegi Dan Persegi Panjang Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4492Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar yang menyesuaikan keperluan belajar peserta didik. Guru memberi fasilitas kepada peserta didik sesuai dengan keperluannya, karena setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga peserta didik tidak dapat diperlakukan dengan cara yang serupa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam proses pembelajaran matematika, khususnya pada materi luas. Materi yang dimaksud meliputi luas bangun datar, yaitu persegi dan persegi panjang.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK melibatkan proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang dalam siklus untuk memecahkan masalah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menganalisis data dengan perhitungan untuk menghasilkan persentase Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manukan Kulon II dan kelas IVB menjadi subjek penelitian yang terdiri dari 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi menghitung luas persegi dan persegi panjang
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mintohari, Wandik, Silfia Ainurrohmah, Rizkiyah Khoirin Nawa, Siti Mar'atush Sholikhah, Swenogi Hussen Basuki, Titik Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es