Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Matematika: Meningkatkan Hasil Belajar Luas Persegi Dan Persegi Panjang Kelas IV SD

Authors

  • Mintohari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Wandik Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Silfia Ainurrohmah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rizkiyah Khoirin Nawa Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Siti Mar'atush Sholikhah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Swenogi Hussen Basuki Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Titik Wijayanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4492

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar yang menyesuaikan keperluan belajar peserta didik. Guru memberi fasilitas kepada peserta didik sesuai dengan keperluannya, karena setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga peserta didik tidak dapat diperlakukan dengan cara yang serupa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam proses pembelajaran matematika, khususnya pada materi luas. Materi yang dimaksud meliputi luas bangun datar, yaitu persegi dan persegi panjang.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK melibatkan proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang dalam siklus untuk memecahkan masalah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menganalisis data dengan perhitungan untuk menghasilkan persentase Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manukan Kulon II dan kelas IVB menjadi subjek penelitian yang terdiri dari 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi menghitung luas persegi dan persegi panjang

Published

2025-06-14

Citation Check