Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbasis Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Sylvia Az-Zahra Oktaviana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ika Ratnaningrum Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi interaktif berbasis Scratch yang layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS di kelas V materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil yang diberikan ahli media dan ahli materi dalam melakukan validasi media animasi interaktif berbasis Scratch memperoleh persentase kelayakan 76% yang dinyatakan dalam kriteria layak dan 93% kriteria sangat layak. Tanggapan guru dan siswa juga sangat baik, yaitu masing-masing sebesar 95% dan 89%. Hasil rata-rata nilai pretest siswa yaitu 55,75 dan setelah menggunakan media meningkat menjadi 82 sebagai nilai posttest. Uji-t menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 menyatakan adanya perbedaan signifikan pada nilai yang diperoleh sebelum dan setelah penggunaan media. Hasil N-gain menunjukkan peningkatan sebanyak 0,60 yang jika disesuaikan dengan kriteria efektivitas tergolong dalam kategori sedang. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa media animasi interaktif berbasis Scratch layak dan efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V

Published

2025-06-14

Citation Check