Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbasis Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4484Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi interaktif berbasis Scratch yang layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS di kelas V materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil yang diberikan ahli media dan ahli materi dalam melakukan validasi media animasi interaktif berbasis Scratch memperoleh persentase kelayakan 76% yang dinyatakan dalam kriteria layak dan 93% kriteria sangat layak. Tanggapan guru dan siswa juga sangat baik, yaitu masing-masing sebesar 95% dan 89%. Hasil rata-rata nilai pretest siswa yaitu 55,75 dan setelah menggunakan media meningkat menjadi 82 sebagai nilai posttest. Uji-t menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 menyatakan adanya perbedaan signifikan pada nilai yang diperoleh sebelum dan setelah penggunaan media. Hasil N-gain menunjukkan peningkatan sebanyak 0,60 yang jika disesuaikan dengan kriteria efektivitas tergolong dalam kategori sedang. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa media animasi interaktif berbasis Scratch layak dan efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sylvia Az-Zahra Oktaviana, Ika Ratnaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es