Efektivitas Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Wuringga Lustia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara peserta didik. Metode Role Playing merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada peran serta aktif peserta didik guna untuk memainkan peran tertentu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbicara peserta didik. Keterampilan berbicara menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan kemampuan berbahasa peserta didik terutama di tingkat sekolah dasar sebagai fondasi pembelajaran selanjutnya. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equilvalent countrol grup desain. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok , yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvesional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berbicara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelompok eksperimen dan kontrol. Rata rata nilai post-test kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berbicara peserta didik.

Published

2025-06-14

Citation Check