Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik / Vak Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sevilinda Ayu Arisma Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Zuyyina Fihayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa Sekolah Dasar. Metode pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar kuisioner gaya belajar yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Populasi dan sampel ialah seluruh siswa kelas IV SD N 2 Tamanasri berjumlah 11 anak. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil nilai sig. < α, yaitu 0.000 < 0.050 artinya terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik / VAK terhadap hasil belajar kognitif matematika. Besarnya pengaruh X terhadap Y ditunjukkan pada uji koefisien determinasi sebesar 77,3%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini membuktikan gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa sekolah dasar. Untuk memastikan setiap siswa dapat belajar dengan baik, guru dituntut agar mampu mengintegrasikan ketiga gaya belajar pada proses pengajaran.

Published

2025-06-14

Citation Check