Pengembangan Media Rumah Sifat Cahaya Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4475Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Rumah Sifat Cahaya berbasis QR Code dan untuk menjelaskan desain, kelayakan, serta efektivitas media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar IPAS tentang sifat-sifat cahaya di kalangan siswa kelas V SD Negeri Sekayu Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua kategori: teknik tes yang mengukur hasil belajar melalui pretest dan posttest, serta teknik non-tes yang mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi pendukung. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih subjek penelitian, dimana 9 siswa dari kelas VI mengikuti uji coba skala kecil, dan 18 siswa dari kelas V mengikuti uji coba skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Rumah Sifat Cahaya berbasis QR Code memiliki tingkat validasi media sebesar 92.5% dan persentase validasi materi sebesar 90%, yang menunjukkan bahwa media tersebut layak untuk diterapkan. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan nilai 0,000 < 0,05, dan hasil uji n-gain menunjukkan nilai 0,6385 dan 0,4909, yang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata yang substansial dalam hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Rumah Sifat Cahaya berbasis QR Code adalah layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS tentang sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri Sekayu Kota Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aisyah, Sigit Yulianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es