Pengembangan Media Rumah Sifat Cahaya Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Aisyah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sigit Yulianto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4475

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Rumah Sifat Cahaya berbasis QR Code dan untuk menjelaskan desain, kelayakan, serta efektivitas media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar IPAS tentang sifat-sifat cahaya di kalangan siswa kelas V SD Negeri Sekayu Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua kategori: teknik tes yang mengukur hasil belajar melalui pretest dan posttest, serta teknik non-tes yang mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi pendukung. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih subjek penelitian, dimana 9 siswa dari kelas VI mengikuti uji coba skala kecil, dan 18 siswa dari kelas V mengikuti uji coba skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Rumah Sifat Cahaya berbasis QR Code memiliki tingkat validasi media sebesar 92.5% dan persentase validasi materi sebesar 90%, yang menunjukkan bahwa media tersebut layak untuk diterapkan. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan nilai 0,000 < 0,05, dan hasil uji n-gain menunjukkan nilai 0,6385 dan 0,4909, yang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata yang substansial dalam hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Rumah Sifat Cahaya berbasis QR Code adalah layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS tentang sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri Sekayu Kota Semarang.

Published

2025-06-14

Citation Check