Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD

Authors

  • Anugrah Pratiwi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Feri Faila Sufa Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  • Jumanto Universitas Slamet Riyadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4474

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Joglo Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Peneliti menggunakan jenis metode kuantitatif dengan subyek penelitian ini peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 peserta didik. Metode penelitian yang dilaksanakan SD Negeri Joglo Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan One Group Pre-test – Postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan statistic yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh atau tidak dalam penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berfikir kritis pada peserta didik. Hasil analisis data menggunakan paired sample t-test diketahui bahwa nilai probilitasnya sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil pre-tes dan posttes yang signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri Joglo Surakarta.

Published

2025-06-14

Citation Check