Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4474Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Joglo Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Peneliti menggunakan jenis metode kuantitatif dengan subyek penelitian ini peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 peserta didik. Metode penelitian yang dilaksanakan SD Negeri Joglo Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan One Group Pre-test – Postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan statistic yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh atau tidak dalam penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berfikir kritis pada peserta didik. Hasil analisis data menggunakan paired sample t-test diketahui bahwa nilai probilitasnya sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil pre-tes dan posttes yang signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri Joglo Surakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Anugrah Pratiwi, Feri Faila Sufa, Jumanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es