Pengaruh Penggunaan Media Tempel Kartu Terhadap Keterampilan Menulis Di Sekolah Dasar

Authors

  • Nadhilah Aisyah Amalia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4473

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tempel kartu terhadap kemampuan dan keterampilan menulis pada peserta didik kelas V di SDN Gempol 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Post test atau jenis penelitian satu kelas. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas V SDN Gempol 2. Data dikumpulkan melalui tes essay yang terdiri dari 10 soal sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini menggunakan data analisis uji-t, yang dimana hasil analisis yang didapat oleh peneliti melalui uji hipotesis pretest dan posttest yaitu 44,25 < 93 dengan uji paired sample T-Test nilai sig. (2-tailed) 0,000 maka dengan kriteria signifikan 0,000 < 0,0, yang membuktikan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media tempel kartu terhadap keterampilan menulis peserta didik. Penggunaan media ini membantu peserta didik menjadi lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, serta hasil peserta didik mengalami peningkatan. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media tempel kartu efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik serta meningkatkan motivasi belajar dan menjadi pembelajaran lebih interaktif. Prospek pengembangan media ini dapat diterapkan pada berbagai materi dan jenjang pendidikan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Bahasa Indonesia menjadi plajaran yang sangatlah penting dalam lingkungan Pendidikan, hal ini dikarenanakan Bahasa Indonesia merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi secara nasional.

Published

2025-06-14

Citation Check