Pengaruh Penggunaan Media Tempel Kartu Terhadap Keterampilan Menulis Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4473Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tempel kartu terhadap kemampuan dan keterampilan menulis pada peserta didik kelas V di SDN Gempol 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Post test atau jenis penelitian satu kelas. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas V SDN Gempol 2. Data dikumpulkan melalui tes essay yang terdiri dari 10 soal sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini menggunakan data analisis uji-t, yang dimana hasil analisis yang didapat oleh peneliti melalui uji hipotesis pretest dan posttest yaitu 44,25 < 93 dengan uji paired sample T-Test nilai sig. (2-tailed) 0,000 maka dengan kriteria signifikan 0,000 < 0,0, yang membuktikan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media tempel kartu terhadap keterampilan menulis peserta didik. Penggunaan media ini membantu peserta didik menjadi lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, serta hasil peserta didik mengalami peningkatan. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media tempel kartu efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik serta meningkatkan motivasi belajar dan menjadi pembelajaran lebih interaktif. Prospek pengembangan media ini dapat diterapkan pada berbagai materi dan jenjang pendidikan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Bahasa Indonesia menjadi plajaran yang sangatlah penting dalam lingkungan Pendidikan, hal ini dikarenanakan Bahasa Indonesia merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi secara nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nadhilah Aisyah Amalia, Vevy Liansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es