Penerapan Model Pembelajaran Paired Story Telling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4472Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengenalkan dan menerapkan model pembelajaran paired story telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar. Dengan adanya penelitian ini dapat mengetahui pentingnya keterampilan berbicara untuk peserta didik sekolah dasar maupun jenjang yang lebih tinggi, serta di kehidupan masyarakat. Karena berbicara adalah alat komunikasi seseorang untuk menyampaikan informasi, perasaan, pendapat, dan interaksi lainnya. Dengan berbicara, anak bisa mengembangkan bahasa mereka dan mendapatkan kosa kata baru. Sedangkan model pembelajaran paired story telling, dapat melatih peserta didik lebih terampil dan lebih percaya diri dalam berbicara. Karena model pembelajaran paired story telling merupakan kegiatan bercerita berpasangan dengan melatih artikulasi, intonasi, ekspresi, serta bisa mendapatkan kosa kata baru dalam berbagai cerita dongeng yang telah dibaca. Penelitian ini juga menjelaskan pentingnya peran guru untuk penerapan model pembelajaran yang tepat untuk peserta didik. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas III SDN Ganggang Panjang Tanggulangin dan berjumlah 24 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Pre Experimental dengan rancangan One Group Pretest - Posttest Design. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas (Shapiro – Wilk) dan menggunakan uji t paired sampel test dengan bantuan IBM SPSS Statistik.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Trinanti Samdini, Zuyyina Fihayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es