Penerapan Model Pembelajaran Paired Story Telling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik

Authors

  • Trinanti Samdini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Zuyyina Fihayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4472

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengenalkan dan menerapkan model pembelajaran paired story telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar. Dengan adanya penelitian ini dapat mengetahui pentingnya keterampilan berbicara untuk peserta didik sekolah dasar maupun jenjang yang lebih tinggi, serta di kehidupan masyarakat. Karena berbicara adalah alat komunikasi seseorang untuk menyampaikan informasi, perasaan, pendapat, dan interaksi lainnya. Dengan berbicara, anak bisa mengembangkan bahasa mereka dan mendapatkan kosa kata baru. Sedangkan model pembelajaran paired story telling, dapat melatih peserta didik lebih terampil dan lebih percaya diri dalam berbicara. Karena model pembelajaran paired story telling merupakan kegiatan bercerita berpasangan dengan melatih artikulasi, intonasi, ekspresi, serta bisa mendapatkan kosa kata baru dalam berbagai cerita dongeng yang telah dibaca. Penelitian ini juga menjelaskan pentingnya peran guru untuk penerapan model pembelajaran yang tepat untuk peserta didik. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas III SDN Ganggang Panjang Tanggulangin dan berjumlah 24 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Pre Experimental dengan rancangan One Group Pretest - Posttest Design. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas (Shapiro – Wilk) dan menggunakan uji t paired sampel test dengan bantuan IBM SPSS Statistik.

Published

2025-06-14

Citation Check