Tantangan Dan Peluang Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Perspektif Guru Dan Orang Tua

Authors

  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Harbono Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Restituta Amelia Respatiningrum Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Roni Endrawan Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4470

Abstract

Pendidikan karakter merupakan komponen esensial dalam pembentukan kepribadian peserta didik sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai tantangan dan peluang dalam implementasi pendidikan karakter di lingkungan sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan guru dan orang tua dari beberapa sekolah dasar di wilayah penelitian. Analisis tematik terhadap hasil diskusi mengungkapkan sejumlah kendala utama, termasuk keterbatasan alokasi waktu, ketidaksesuaian nilai antara lingkungan rumah dan sekolah, serta minimnya pelatihan khusus bagi pendidik. Di sisi lain, peluang signifikan ditemukan dalam bentuk potensi penguatan kemitraan antara sekolah dan orang tua, pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran karakter, serta perlunya program pelatihan berkelanjutan bagi guru. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan efektivitas pendidikan karakter memerlukan pendekatan yang holistik dan kolaboratif, dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Published

2025-06-14

Citation Check